Rentjana

emmmm,.. udah lama banget nggak posting lagi di blog ini (terakhir aja 2013, wkwkwkwk) ^^ sebenarnya penulis (ato penggambar) ini orang yang paling males + gampang bosenan, jadi maklumlah kalo nggak pernah update, hehe.

oiya, sebenernya penulis (ato penggambar) ada rencana nih, membuat sebuah cergam (cerita bergambar) yang bersambung. ceritanya masih berkisar tentang pramuka sih.. cuman agak dihiperbolik dikit, hehe.

di postingan2 sebelumnya (pengenalan tokoh komik pramuka ini), temen2 bisa membaca bagian “pangkalan”; di situ tertulis “SMA Pandu Pertiwi”. apa to SMA Pandu pertiwi itu? nah, cergam yang mau penulis tulis akan menceritakan kisah salah seorang (ato lebih) siswa di SMA ini.

penasaran gimana ceritanya? nih ada sedikit “spoiler”…

BAB I: SMA Pandu Pertiwi

di bab 1 ini, akan diceritakan sejarah berdirinya SMA Pandu Pertiwi, salah satu SMA terbaik di Indonesia. ceritanya, pada tahun 2015, dunia sudah semakin akrab dengan yang namanya globalisasi, termasuk diantaranya negara kita, Indonesia. pemerintah (khususnya kementerian pendidikan) yang semakin khawatir akan bagaimana nasib para penerus bangsa dalam menghadapi dunia yang semakin tidak jelas ini, melakukan kerja sama dengan gerakan kepramukaan indonesia untuk membentuk suatu lembaga pendidikan yang berdiri di bawah naungan kemendikbud dan gerakan kepramukaan, dengan tujuan mempertahankan dan mempersiapkan para generasi penerus bangsa yang mandiri, cendekia, serta berbudi luhur untuk menghadapi tantangan globalisasi di masa depan.

ada sekitar 20 sekolah yang di bangun; 5 sekolah dasar, 5 sekolah menengah pertama, 5 sekolah menengah atas, dan 5 sekolah menengah kejuruan yang semuanya tersebar di seluruh Indonesia. dalam cerita ini hanya di akan bahas bagian SMA, terutama SMA Pandu Pertiwi yang terletak di suatu daerah di Yogyakarta, kota pelajar. 4 SMA yang lainnya ada di Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, dan Papua. kelak, kelima SMA ini memiliki event 5 tahunan, yang diselenggarakan secara bergiliran oleh kelima SMA. event inilah yang menjadi back ground cerita di “tahun pertama”.

nah, itu dia sedikit “spoiler” untuk bab 1, masih banyak sekali kekurangan, baik dalam perkiraan Indonesia “masa depan” maupun di istilah2 pendidikan dan kepramukaan, maklum, udah setahun lebih nggak berkutat dengan yang namanya pramuka, hehe. maka dari itu, penulis mengundang teman2 untuk berpatisipasi dalam pembuatan cerita ini, kalo bisa pramuka yang lumayan ahli sih, hehe. untuk yang mau kirim ide juga ditampung kok, bisa menghubungi penulis via:

email: hanggaraajisaktim@yahoo.com

wa/sms: 0857 9958 1969

Ok, penulis tunggu partisipasi teman2 semuaa… salam Pramuka!!! ^^

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Tokoh 6: Si Bhayangkara

Bhayangkara

Nama: Bhayangkara Putra

Panggilan: Kara

Lahir: 1 Juli

Golongan darah: B

Saka yang diikuti: Saka Bhayangkara

Pangkalan: SMA Pandu Pertiwi

Kara (biasa dipanggil “Ayang Kara” oleh Kencana), merupakan anak dari seorang kepala polisi. Ia juga anggota Dewan Ambalan Pandu Pertiwi Putra sekaligus ketua Tatib SMA Pandu Pertiwi. Walaupun tampangnya kelihatan galak, namun dia sebenarnya orang yang baik hati (tapi kadang kelewat tegas, cuek, dan terus terang –” ). Dia banyak ditakuti oleh adik kelasnya, apalagi saat ospek berlangsung. Kara termasuk siswa yang tidak banyak bicara, tegas, dan setia kawan. Hobinya berkuda, membaca novel detektif, dan main tebak pelaku di kuis detektif,..

Categories: Bhayangkara | Tinggalkan komentar

Tokoh 5: Si Kencana

Kencana

Nama: Putri Kencana

Panggilan: Kencana

Lahir: 1 Oktober

Golongan darah: O 

Saka yang diikuti: Saka Kencana

Pangkalan: SMA Pandu Pertiwi

Kencana, gadis yang handal dalam hal pemberian bantuan psikologis ini merupakan primadona di SMA Pandu Pertiwi. Namun begitu, entah kenapa dia hanya tertarik kepada Kara yang pada akhirnya selalu ia panggil “Ayang Kara”. Dia juga merupakan siswa pembantu bimbingan konseling di SMA Pandu Pertiwi karena kepiawaiannya dalam memberi solusi pada siswa yang bermasalah. Walaupun terlihat anteng-anteng, dia bisa meledak (marah.red) lho, kalau ada yang membuatnya kesal. Kencana juga merupakan sahabat baik Husada.

Categories: Kencana | Tinggalkan komentar

Selamat Ulang Tahun SBH!

Gambar Baca lebih lanjut

Categories: Bakti Husada | 1 Komentar

Lambang Saka Dirgantara

Picture3 Baca lebih lanjut

Categories: Dirgantara | Tinggalkan komentar

Pramuka; Real world – Paralel world

paralel - Copy

Komik kali ini bercerita tentang bagaimana seharusnya seorang pramuka di dunia nyata dan di dunia paralel. Baca lebih lanjut

Categories: Wanabakti | 6 Komentar

Tokoh 4: Si Wira Kartika

Wira Kartika

Nama: Putra Wirawan

Panggilan: Wira

Lahir: 28 Oktober

Golongan darah: O

Saka yang diikuti: Saka Wira Kartika

Pangkalan: SMA Pandu Pertiwi

Wira, siswa berambut cepak ini merupakan anggota termuda Dewan Ambalan Putra Pandu Pertiwi. Sebenarnya dia bercita-cita untuk menjadi angkatan TNI AD, tapi berhubung dia pendek masih kecil, banyak yang meragukannya. Wira juga anggota Tonti Pandu Pertiwi (penjuru kecil), dan pernah juga mengikuti seleksi Paskib, tapi karena masalah diatas dia langsung gagal dibabak pertama,..

Hobinya berolah raga, halang rintang, survival, dan sejenisnya. Posturnya kurang begitu tinggi, tidak gemuk, tapi lumayan kekar (akibat latihan tiap hari). Dia juga memiliki jiwa yang pantang menyerah dan daya saing yang cukup tinggi. Oiya, Wana suka pelajaran sejarah dan PKn😀

Categories: Wira Kartika | 1 Komentar

Tokoh 3: Si Dirgantara

Dirgantara

Nama: Dirgantara Putra

Panggilan: Dirga, Tara

Lahir: 17 Januari

Golongan darah: AB

Saka yang diikuti: Saka Dirgantara

Pangkalan: SMA Pandu Pertiwi

Dirga (atau Tara) adalah anak seorang pengusaha pesawat. Dia paling suka dengan pelajaran fisika, terutama yang ada hubungannya dengan udara. Cita-citanya sejak TK pun tak pernah berubah; yaitu menjadi seorang pilot atau TNI AU.  Hobinya bermain layangan, tapi berhubung ia penerus (anak laki-laki.red) satu-satunya keluarga Dirgantara, si Tara jadi lebih sering terkurung di dalam rumah (dan akhirnya belajar fisika deh), ia juga demen membuat pesawat-pesawatan kertas. Karena kegemarannya yang berlebihan akan pesawat, kadang ia terlihat agak seperti anak kecil :3

Categories: Dirgantara | Tinggalkan komentar

Tokoh 2: Si Bakti Husada

Bakti Husada

Nama: Putri Husada

Panggilan: Husada

Lahir: 17 Juli

Golongan darah: A

Saka yang diikuti: Saka Bakti Husada

Pangkalan: SMA Pandu Pertiwi

Husada, gadis berjilbab yang kelihatan pemalu ini sebenarnya amat cekatan dalam penggunaan obat-obatan dan pemberian pertolongan pertama. Dia juga siswi yang (amat sangat) mencintai kebersihan, sehingga jarang sekali dirinya sakit. Ia seorang siswi yang perfeksionis dan  juga sulit untuk mentolerir seseorang yang membuang sampah sembarangan ( akan mengamuk seketika itu juga.red). Tapi secara keseluruhan dia memang seseorang yang cocok untuk dijadikan pasangan hidup kok, wkwkwk xD

Categories: Bakti Husada | Tinggalkan komentar

Tokoh 1: Si Wanabakti

Wana Bakti

Nama: Wana Putra

Panggilan: Wana

Lahir: 27 Oktober

Golongan darah: O

Saka yang diikuti: Saka Wanabakti

Pangkalan: SMA Pandu Pertiwi

Nah, dialah Wana, salah seorang siswa di SMA Pandu Pertiwi. Anak yang hobinya menjelajah hutan ini bisa dikenali dengan mudah oleh daun di atas kepalanya. Selain itu dia juga memiliki peliharaan yang biasa terlihat selalu bersamanya, seekor monyet yang dia panggil Mumu. Wana siswa bertipe ceria, berpostur sedang, dan cinta binatang.

Categories: Wanabakti | Tinggalkan komentar

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com. Tema Adventure Journal.

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.